Harga, Spesifikasi dan Review Suzuki Carry Pick Up


Kehadiran Suzuki Carry pertama kali pada tahun 1976 dengan kode bodi ST10 dan masih dalam bentu CBU. Hanya berselang setahun, Suzuki Carry baru diluncurkan dengan kode bodi ST20 dan menjadi mobil pikap pertama Suzuki yang diproduksi di Indonesia. Mesin 3-silinder berkapasitas 550 cc dengan teknologi masih menggunakan karburator. Sementara pengapian masih menggunakan platina belum CDI. Tenaga maksimum mencapai 33 dk dan torsi hingga 52 Nm dipadu transmisi manual 4-percepatan.

Perubahan menyeluruh dilakukan oleh Suzuki untuk pikap ikoniknya ini. Termasuk desain depan yang terlihat lebih modern dan tangguh. Kesan tangguh itu sendiri terlihat dari warna grill dan bumper yang senada yakni warna hitam dengan material plastik yang mudah dibersihkan. Material dan warna ini umumnya digunakan pada fender mobil SUV atau off-road.
Lampu utama yang besar dipasang sejajar dengan grill sehingga terlihat mobil ini lebih lebar. Menariknya, pada pilar A bagian kanan mobil atau sisi pengemudi ada antena jadul yang harus ditarik bila ingin mendapat sinyal radio. Meski terkesan kuno tapi menurut kami ini menjadi ciri khas sebuah mobil niaga. Kaca depan terlihat cukup lebar dan tinggi yang menjadi nilai positif untuk visibilitas pengemudi.

Beralih ke bagian samping, terlihat jelas bahwa Suzuki Carry Pick Up 2019 generasi terbaru ini menggunakan platform baru. Terlihat jelas adalah dimensinya yang berubah total. Generasi sebelumnya, Suzuki Carry 2017 memiliki panjang 3.720 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.825 mm. Sementara di generasi terbarunya ini, Suzuki Carry Pick Up 2019 memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm dan tinggi 1.870 mm.

Begitu juga dengan wheelbase atau jarak poros roda yang meningkat dari 1.970 mm menjadi 2.205 mm. Meningkatnya dimensi serta wheelbase memberi dampak positif pada ruang kabin serta kapasitas bak muatan. Mengingat ini adalah mobil niaga, maka Suzuki menyematkan pelek kaleng dengan ukuran 165/80 R13. Stiker Carry turut disematkan pada pintu depan sebagai identitas.
Menengok bagian belakang, Suzuki Carry Pick Up 2019, secara desain sangat simpel. Paling terlihat adalah tulisan Suzuki yang bergitu besar dengan motif timbul pada pintu akses untuk menaruh barang ke bak muatan. Pada bagian bawah terdapat lampu mundur, rem dan sein yang menjadi satu. Seperti disinggung sebelumnya dimana Suzuki Carry generasi baru ini memakai platform baru, maka bak muatan pun turut meningkat. Dalam data spesifikasi yang dirilis Suzuki, dimensi bak muatan ini mempunyai panjang 2.505 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 350 mm. Bak muatan ini mampu mengangkut barang hingga 1 ton.

Mengingat ini adalah generasi baru, maka interior Suzuki Carry Pick Up 2019 turun alami banyak perubahan. Desain dasbornya cukup unik karena ada tiga kotak yang sejajar dari bagian setir hingga ke penumpang samping. Kotak pertama adalah tampilan speedometer dengan tambahan layar kecil digital di bagian bawah. Pada bagian tengah kotaknya berisikan head unit single din sehingga mobil niaga ini bisa tetap menyenangkan sambil mendengarkan musik melalui radio atau lagu favorit.

Pada Suzuki Carry generasi sebelumnya (2017), hanya mampu menampung 2 penumpang saja dengan ketersiadaan sabuk pengaman untuk 2 orang. Kini Suzuki menambah 1 sabuk pengaman tambahan di tengah sehingga mampu menampung 3 orang termasuk pengemudi. Untuk material jok menggunakan bahan fabric dan tanpa ada head rest. Sehingga agak kurang nyaman karena ada celah antara sandaran punggung dengan kepala yang langsung menyentuh bodi mobil berbahan besi.
Untuk menekan harga yang tidak terlalu tinggi, tentu mobil niaga tidak bisa diharapkan emmpunyai banyak fitur canggih seperti mobil penumpang. Pada Suzuki Carry Pick Up 2019 ini beberapa fitur untuk pengemudi disiapkan seperti power steering yang membuat setir lebih nyaman ketika mobil hendak berbelok. Radius putar yang mencapai 4,4 meter juga membuat momen berbelok lebih luas jangkauannya. Posisi tuas persneling yang kini terletak di dasbor bukan di bangku juga memudahkan pengemudi ketika ingin memindahkan gigi. Pengemudi kini juga bisa mengatur posisi duduk dengan hadirnya sliding seat.

Berkaitan dengan keselamatan atau keamanan, Suzuki Carry menjadi mobil pikap pertama yang menggunakan fitur immobilizer. Fitur ini tentu membuat mobil lebih aman dari maling sehingga membuat pemilik lebih fokus menjalankan bisnisnya. Ruang penyimpanan barang juga bertambah pada generasi baru Suzuki Carry Pick Up 2019 ini. Untuk varian AC mempunyai 6 ruang penyimpanan, sedangkan non-AC ada 10.

Sektor mesin turut mengalami perubahan dimana Suzuki Carry Pick Up 2019 kini menggunakan mesin K-Series, tepatnya K15B yang sama digunakan oleh Ertiga. Meski begitu dari sisi tenaga dan torsi lebih kecil. Kapasitas mesin 1.462 cc dan teknologi DOHC yang disematkannya pada Suzuki Carry terbaru ini mengeluarkan tenaga maksimum 97 dk pada 5.600 rpm. Sementara torsi maksimumnya 135 Nm di 4.400 rpm. Tenaga dan torsi yang lebih kecil dari Ertiga meski mempunyai mesin yang sama untuk menekan efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Tenaga tersebut dipadu dengan transmisi manual 5-speed yang cocok untuk mobil-mobil niaga.

SPESIFIKASI SUZUKI CARRY PICK UP 2019
Spesifikasi Mesin Suzuki Carry Pick Up 2019
Tipe Mesin
K15B DOHC 16 Valve
Isi Silinder
1.462 cc
Tenaga Maksimum
97 dk / 5.600 rpm
Torsi Maksimum
135 Nm / 4.400 rpm
Transmisi
Manual 5-Speed
Spesifikasi Bodi Suzuki Carry Pick Up 2019
P x L x T
4.195 x 1.675 x 1.870 mm
Wheelbase
2.205 mm
Spesifikasi Kaki-kaki Suzuki Carry Pick Up 2019
Rem Depan / Belakang
Disc Brake / Drum
Velg
165/80 R13
Kelebihan dan Kekurangan
KELEBIHAN
KEKURANGAN
Desain lebih modern dan tangguh
Jok busa yang tidak terlalu tebal sehingga kurang nyaman ketika terjebak kemacetan
Fitur immobilizer yang membuat mobil lebih aman
Tidak ada head rest yang membuat pengemudi dan penumpang kurang nyaman serta berbahaya
Bak muatan atau kargo yang besar dengan beban maksimum hingga 1 ton
Seharusnya minimal ada 1 airbags untuk pengemudi pada varian tertinggi misalnya

DAFTAR HARGA SUZUKI CARRY PICK UP 2019

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyediakan 2 model dengan masing-masing 2 varian untuk Suzuki Carry Pick Up 2019 ini.  Untuk 2 model yang ditawarkan adalah Flat Deck (FD) dan Wide Deck (WD). Untuk Flat Deck tanpa ada fitur AC dan Power Steering (PS) menjadi model termurah dengan banderol Rp 135,6 juta. Sedangkan bila Anda ingin model FD dengan fitur AC dan PS harga yang ditetapkan ialah Rp 144,1 juta. Bila Anda membutuhkan pikap dengan bak muatan yang besar, maka tipe WD menjadi pilihan ideal. Sama seperti FD, varian pada WD terbagi 2 yakni memakai fitur AC dan PS atau tidak. Suzuki Carry Pick Up 2019 tipe WD dengan fitur AC dan PS harganya mencapai Rp 145,1 juta. Untuk yang tanpa kedua fitur tersebut harganya lebih murah yakni Rp 136,6 juta.
Demikian ulasan dari kami mengenai review Suzuki Carry Pick Up 2019 semoga bermanfaat.Terima kasih
Salam
Otto Project

Berlangganan update artikel terbaru via email:

No comments:

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel